Apakah Makan Malam Menyebabkan Kegemukan ???

APAKAH BENAR MAKAN PADA MALAM HARI MEMBUAT TAMBAH GEMUK BADAN ???

Ketika anda sudah mencukupi kalori harian pada pagi hari,  siang sudah makan , sore makan lagi , dan malam hari nya ngemil ? coba anda hitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda.

Jika melebihi kalori harian anda tentunya berat badan anda akan naik. Dan ada 1 faktor ketika anda makan pada tengah malam ada namanya hormon BMAL 1 . Hormon ini berfungsi memproduksi Lemak lebih banyak lagi. Dan jika saat pada hari itu anda sudah melebihi kalori harian anda maka yaaaa akan tetap terjadi penambahan berat badan anda. Bukan tentang makan pada malam hari atau jangan makan pada malam hari . Itu semua tergantung dari kalori harian anda.Dan bagaimana cara mengukur kalori harian yang cukup untuk tubuh kita ???

kalori makanan

Berikut perhitungan dasar untuk perempuan:
Misalhkan :
BMR = 655 + (1,8 x tinggi dalam cm) + (9,6 x berat dalam kilogram) – (4,7 x umur dalam tahun)
Untuk perempuan dengan usia 30, tinggi 167,6 cm dan berat badan 68 kilogram,
maka perhitungan BMR-nya akan menjadi: 655 + 301,7 + 653 – 141 = sekitar 1.470 kalori per hari.
Berikut perhitungan dasar untuk pria:
Misalkan :
BMR = 66 + (13,7 x berat dalam kilogram) + (5 x tinggi dalam cm) – (6,7 x umur dalam tahun).
Untuk contoh hasil perempuan, misalnya, maka bisa mengalikan hasil BMR tersebut dengan tingkat aktivitas. Kali jumlah BMR dengan 1,2 jika kamu tidak aktif; 1,375 jika melakukan olahraga ringan satu hingga tiga kali seminggu; 1,55 jika melakukan olahraga ringan 6-7 kali seminggu; kalikan dengan 1,75 jika sangat aktif (olahraga keras setiap hari atau berolahraga dua kali sehari) dan 1,9 jika ekstra aktif (latihan keras dua kali atau lebih per hari).
Jadi untuk seseorang dengan bobot 68 kilogram yang cukup aktif, maka akan menjadi: 1,470 x 1,55 = sekitar 2.280.
Hasil itu merupakan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh pada hari tertentu.
Nah, untuk menurunkan berat badan, tentu harus membuat defisit kalori. “Satu pon (0,45 kg) sama dengan 3.500 kalori.
Karena itu, jika seseorang ingin kehilangan satu pon per minggu, maka perlu mengurangi kalori harian hingga 500 kalori per hari,” kata pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios serta ahli diet, Jim White kepada Pop Sugar. Nah, jika TDEE kamu, misalnya 2.232, untuk kehilangan satu pon (0,45 kg) seminggu, maka harus mengasup 1.780 kalori per hari.
Kendati demikian, formula ini hanya sebuah panduan. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet untuk menentukan kebutuhan kalori yang tepat.
Sumber :
Channel Youtube SB30Health
Dr Sung
KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *